S1 Kesehatan Masyarakat

      Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit Mojokerto disingkat STIKes Majapahit didirikan oleh Yayasan Kesejahteraan Warga Kesehatan (YKWK) di Mojokerto atas dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 09/D/O/2004 tanggal 5 Januari 2004. Selanjutnya ijin penyelenggaraan Program Studi pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit Mojokerto tertuang pada SK. Dirjen DIKTI No. 3129/D/T/2006 tentang ijin penyelenggaraan program studi, yaitu S-1 Keperawatan dan S-1 Kesehatan Masyarakat.  Tanggal 15-16 Juli 2011 sudah terlaksana Proses Visitasi akreditasi pertama dari Assessor BAN-PT, dan dilanjutkan pada tahun 2016 telah diadakan akreditasi ulang oleh LAM-PTKes. Nilai hasil akreditasi prodi S1 IKM adalah B dengan No.SK 0686/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2016.

A. VISI DAN MISI

      1. VISI

       Visi Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang sehat, profesional, etis dan     rasional guna menghadapi era globalisasi pada tahun 2020 berbasis Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Pernyataan sehat pada visi tersebut bermakna :

  1.  Sehat fisik : meliputi sehat sumber daya manusia (SDM), sehat sarana  prasarananya,  sehat  manajemennya,  sehat  pelayanannya (pelayanan prima).
  2. Sehat mental dan rohani : sehat dalam mengaktualisasikan nilai akademis, nilai budaya, dan nilai rohani/ spiritual
  3. Sehat   sosial   :   sehat   dalam   mengembangkan   jaringan kemasyarakatannya dan mempunyai daya sosial yang tinggi
  4. Pernyataan profesional bermakna : Dengan kemampuan dan keahlian di bidang kesehatan, mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan keprofesiannya baik di kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  5. Pernyataan etis bermakna : seluruh keluarga besar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Majapahit Mojokerto menjunjung tinggi dan patuh terhadap peraturan, norma dan etika berkehidupan.
  6. Pernyataan rasional bermakna : seluruh tindakan dan hasil pemikiran keluarga besar STIKes Majapahit Mojokerto berdasarkan pemikiran yang bersistem dan logis

 

      2. MISI

        Berdasarkan visi yang telah dirumuskan diatas maka untuk mencapai visi tersebut Prodi S1 IKM STIKes Majapahit Mojokerto juga merumuskan misi-misi untuk mencapai visi yang telah di tentukan, antara lain

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesehatan masyarakat yang berdasar pada  permasalahan kesehatan masyarakat dan menekankan pada kemampuan pemecahan masalah sehingga menghasilkan lulusan yang profesional di tingkat regional dan nasional.
  2. Mengupayakan penelitian yang yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu dan tekonologi di bidang kesehatan masyarakat.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tinggi baik di tingkat regional dan nasional.
  4. Melakukan kerja sama dan kemitraaan dengan stakeholder (masyarakat, pemerintah, swasta, alumni) dalam meningkatkan pendidikan, penelitian dan pengabdian di tingkat regional dan nasional.

 

B.      TUJUAN

Tujuan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Majapahit Mojokerto adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang kesehatan masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat dan keilmuan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan:
    1. Identifikasi Masalah Kesehatan di Masyarakat
    2. Melakukan kajian dan analisis di bidang kesehatan (Analysis and Assessment)
    3. Merencanakan dan mengembangkan kebijakan (Policy development and program planning)
    4. Kemampuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat (Community dimensions of practice)
    5. Kemampuan untuk memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat (Basic public health sciences)
    6. Kemampuan untuk memimpin dan berfikir sistem (Leadership and systems thinking/total system)
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang memiliki kontribusi pada kemajuan ilmu kesehatan masyarakat
  4. Mengupayakan relevansi kurikulum dan peningkatan mutu proses pembelajaran kesehatan masyarakat

 

C.     UNGGULAN/KECIRIKHASAN

Kompetensi pilihan kecirian yang dimiliki oleh Prodi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Majapahit Mojokerto Mengacu pada visi dan misi prodi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit Mojokerto secara jelas dan terstruktur yang mengacu pada kultur geografis Kabupaten Mojokerto pada bidang Industri dikarenakan bahwa banyak terdapat industri baik formal maupun informal di sekitar kabupaten Mojoketo. Adapun sub-topik kajian yang juga dilakukan oleh civitas akademika Prodi IKM tersebut meliputi bidang :

  1. Kesehatan Ibu dan anak
  2. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  3. Epidemiologi
  4. Gizi Masyarakat
  5. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku

 

D.     SASARAN

Sasaran merupakan target terukur dan penjelasan mengenai  strategi pencapaian, serta  kemampuan pelaksanaan yang dilakukan oleh Prodi S1 IKM STIKes Majapahit Mojokerto. Tahapan sasaran pengembangan program studi S1 Kesehatan Masyarakat disesuaikan dengan rencana pengembangan STIKes Majapahit, yaitu :

  1. Tahun 2010-2015 Pemantapan Daya Saing Nasional
  2. Tahun 2015-2020 Pemantapan Daya Saing ASEAN

Tahun 2020-2025 Pemantapan Daya Saing Global

BUKU PANDUAN AKADEMIK S1 KESMAS 



Kalender
Hari Ini: 20 May 2018
Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31


Kampus STIKES

Jl. Raya Jabon Km. 02 Gayaman, Mojoanyar, Mojokerto 61634
Telp.   : (0321) 329915 / (0321) 334122
Fax.    : (0321) 329915
E-mail: majapahit.stikes@yahoo.co.id


Chat YM

• Admin

• Admin